Opini mengenai kecenderungan Heterogen atau Homogen Sistem.

Jika ditanya kecenderungan saya tentang pemilihan antara sistem yang Heterogen atau homogen, maka saya cenderung memilih homongen, ada beberapa alasan kenapa saya memberikan pendapat seperti itu :

  1. Akan lebih mudah dalam memaintance / mengupgrade sistem tersebut, karena jelas apa saja yang dijaga / ditambahkan.
  2. Apabila terjadi peralihan kepengurusan admin, akan lebih mudah dalam proses transisi nya karena adanya konsistensi akan learning path, dan lebih relatif lebih sedikit hal yang dipelajari dibandingkan sistem homogen.

Sementara untuk kelemahan dari sistem Homogen yang saya ketahui adalah :

  1. Kecenderungan untuk monotonnya jenis aplikasi / jenis layanan yang ada, karena hanya tergantung dari 1 vendor.
  2. Dibutuhkan biaya yang mahal, karena umumnya sebuah sistem yang tergantung hanya dari satu vendor, umumnya memiliki lisensi yang sangat tinggi.

Demikian alasan yang dapat saya berikan dalam pemilihan jenis sistem berdasarkan heterogen atau homongennya.

Leave a Reply

